Surat Makkiyah dan Madaniyah

Mar 31st, 2010 | By | Category: tanya-jawab

Banyumas Pesantren-Surat Makkiyah dan Madaniyah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Pak Ustadz, kami mau menanyakan persoalan yang berkaitan dengan Al-Qur’an. Sebelumnya kami minta maaf kalau tutur kata kami kurang berkenan dan terlalu panjang. Itu semata-mata karena keawaman kami. Langsung saja, Pak Ustadz. 1). Al-Qur’an Al-Karim itu jumlah suratnya berapa? 2). Berapa jumlah surat Makkiyah dan Madaniyah? 3). Surat-surat Al-Qur’an yang dimulai dengan huruf-huruf jumlahnya berapa? 4). Ayat apakah yang pertama kali diturunkan? 5). Ayat apakah yang paling terakhir diturunkan? 6). Berapa jumlah juz Al-Qur’an? 7). Surat apakah yang paling pendek dan paling panjang?

Naila al Muna, Kota Salatiga. maysa@gmail.com

Jawab:
Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh.
Terimakasih Mbak Muna atas pertanyaannya. Terus terang kita sehari-hari malah tidak kepikiran hal-hal sepele seperti pertanyaan anda tapi justru penting bagi umat Islam. Semoga jawaban saya nanti bisa sesuai dengan pertanyaan anda dan bermanfaat.

Pertama, Dalam Al-Qur’an yang kita baca sehari-hari, jumlah suratnya 114 surat yang dimulai dari surat Al-Fatihah dan diakhiri dengan surat An-Nas. Mengenai tertibnya surat-surat dan ayat-ayat Al-Qur’an itu merupakan kehndak Allah semata dan kita tidak bisa ikut bercampur tangan. Kisahnya, Malaikat Jibril mendatangi Rasulullah SAW dan mengajari Al-Quran, agar supaya nantinya diajarkan Rasulullah kepada umatnya yaitu kaum muslimin.
Jibril mengatakan kepada Rasulullah, “Letakkan ayat ini pada yang itu… dan seterusnya”. Menurut pendapat Imam Zarkasyi dalam kitabnya Al-Burhan fi Ulumil Qur’an, ia mengatakan: bahwa jumlah surat-surat dalam Al-Qur’an sudah mendapatkan persetujuan tentang isinya (letaknya) dari para Ahlul Halli wal Aqdi (yaitu penguasa pemerintahan Islam atau ulama), yang banyaknya 114 surat yang terdapat dalam mushaf Usmani.

Kedua, mengenai Makkiyah dan Madaniyah. Surat yang diturunkan kepada Rasulullah di Kota Makkah berjumlah 85 surat dan di Kota Madinah berjumlah 29 surat. Kalau kita hitung jumlah semua surat yang diturunkan kepada Rasulullah di Kota Makkah dan Madinah maka jumlahnya 114 surat.

Ketiga, Surat-surat Al-Qur’an yang dimulai dengan huruf-huruf misalnya: (Alim Laam Miim) dan (Haa’miim) sebanyak 29 surat. Kempat, mengenai ayat yang pertama kali diturunkan ke bumi yaitu surat Al-Alaq (1-5). Surat ini diturunkan kepada Rasulullah ketika berada di Gua Hira ketika Jibril datang pertama kali sebagai utusan Allah yang membacakan ayat tersebut agar disampaikan kepada umatnya manusia.

Kelima, Dan setelah itu ayat yang paling terakhir diturunkan yaitu pada akhir surat At-Taubah ayat 128: “Sesungguhnya telah datang padamu seorang rasul dari golonganmu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) untukmu, amal belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang Mukmin. Jika mereka berpaling (dari keimanan) maka katakanlah: “Cukuplah Allah bagiku , tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki singgasana yang agung”.

Keenam, jumlah juznya Al-Quran sebanyak 30 juz. Sedangkan jumlah ayatnya sebanyak 6204 ayat (tetapi ada sebuah pendapat lain yaitu 6253 ayat). Sedangkan jumlah kata-katanya (dalam istilah bahasa Arab disebut kalimat) yaitu sebanyak 77.437 kata. Ketujuh, adapun surat yang paling pendek yaitu surat Al-Kautsar sedangkan surat yang paling panjang adalah surat Al-Bawarah.

Demikian yang bisa kami jawab, kurang lebihnya minta maaf yang sebesar-besarnya.

Ustadz M. Sa’dullah (Staf Pengajar Pesantren Ath-Thohiriyyah Banyumas)

Kata Kunci artikel ini:

jumlah surat madaniyah (163)surat makiyah dan madaniyah (125)JUMLAH SURAT MAKKIYAH (110)jumlah surat makiyah dan madaniyah (107)jumlah surat makiyah (106)jumlah surah madaniyah (85)surat makkiyah dan madaniyah (72)surah makkiyah dan madaniyah (69)Makkiyah dan Madaniyah (58)surat makkiyah (53)

9 comments
Leave a comment »

  1. terima kasih..sangat membantu sekali..

  2. halo
    bisa bantu saya ga?
    saya disuruh menggolongkan antara surat2 makiyah dengan madaniyah
    saya bingung deh
    terus saya disuruh golongin lagi sampe terperinci
    bisa bantu gak gimana cara menggolongkannya???
    terima kasih

  3. assalamualikum

    apa sih perbedaan surah makkiyah dan surah madaniyah?
    terimakasih
    wasalam

  4. waalaikum salam
    perbedaan nya adalah kalu surat madinah thu turun nya di madinah dan ayat a panjang panjang sedangkan surat mekah turun nya di mekkah dan surat nya pendek pendek

  5. jumlah ayat quran .. ikut cetakan skrg ni : 6236 …. saya dah kira bnyak kali. syukran

  6. antara ciri makkiyah terdapat ayat “YA AYYUHAN NAS” dan berkisar tentang tauhid
    manakala madaniyyah “YA AYYUHA LAZINA AAMANU” dan berkisar tentang hukum

  7. Assalamualikum.Wr.Wb

    Pembaca yang budiman, saya mau bertanya kalau 1 juz itu berapa ayat/ surat yah?
    tolong bantu yah.
    terimakasih.

    Wass. Wr. Wb

  8. assalamualAIKUMMMM SLURUH umat islam pencinta islam

  9. Mengapa Surat Al Alaq berada di akhir Juz, padahal surat al alaq diwahyukan pertama kali ?

Leave Comment