Panduan: Doa Umrah dan Haji

1. Doa Dalam Perjalanan Keberangkatan Umroh dan Haji

A. Doa Keluar Rumah Sebelum Berangkat 

1. Doa Keluar Rumah:


الحمد لله الذي هداني بالإسلام وأرشداني إلى أداء حاجاببيته ومعتمرا بمشاعره

اللهم صل على النبي الأمي وعلى أله وأصحابه أجمعين

بسم الله أمنت بالله بسم الله توجهت لله بسم الله اعتصمت بالله بسم الله توكلت على الله لاحول ولاقوة الا بالله العلي العظيم

Artinya:

Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepadaku dengan islam danmemberi bimbingan kepadaku untuk menunaikan manasik hajiku di rumah-Nya, dan mengerjakan umrah di tempat lambang-lambang keaguan-Nya. (Masya’ir) Ya Allah berilah salawat atas Nabi yang tidak baca tulis (ummi) da atas keluarga dan para sahabatnya sekalian. Dengan nama Allah aku hadapkan diriku kepada Allah. Dengan nama Allah aku berlindung kepada Allah. Dengan nama Allah aku berserah diri kepada Allah tiada daya upaya dan tiada kekuatan melainkan atas izin Allah yang Maha Luhur Maha Agung.

2. Salat 2 Rakaat

Sebelum bepergian haji dan Umrah sebaiknya melakukan shalat 2 (dua) rakaat, rakaat pertama setelah membaca Fatihah membaca surat Al Kafirun, pada rakaat kedua setelah membaca surat Al Fatihah membaca surat Al-Ikhlas. Setelah salam membaca doa:

اللهم اليك توجهت وبك اعتصمت اللهم اكفني ما همني وما لاأهتتم له اللهم زودني التقوى واغفرلى ذنبي

Artinya:

‘Ya Allah kepada-Mu aku menghadap dan dengan -Mu aku berpegang teguh. Ya Allah cukupkanlah apa yang menjadi kepentinganku dan apa yang mejadi pelengkap. Ya Allah berkahilah aku dengan takwa dan ampunilah dosaku.

 

B. Doa setelah duduk di kendaraan

بسم الله مجرىها ومرسها ان ربي لغفور رحيم. وما قدرواالله حق قدره والأرض يوم القيامة والسموات مطوية بيمينه سبحانه وتعالى عما يشركون

Artinya: “Dengan nama Allah diwaktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang. Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya, padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat, dan langit digulung dengan kekuasaan-Nya. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dia dari apa yang mereka persekutukan”.

Bersambung >>> nantikan terus edisi selanjutnya di www.thohiriyyah.com

Berbagi ilmu melalui:

2 thoughts on “Panduan: Doa Umrah dan Haji

  • November 15, 2011 at 4:25 pm
    Permalink

    ketahui panduan amp tips perlaksanaan haji amp umrah yang menyentuh dimensi pendidikan, motivasi dan pengetahuan bahasa arab.

    Reply
  • March 18, 2014 at 3:30 am
    Permalink

    Memang kebanyakan dari para calon jemaah masih ada yang kurang tau tentang doa dan bacaan ketika mau berangkat haji. Tapi dengan artikel ini dapat nembantu pata calon jemaah yang mau berangkat haji atau umroh.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *