Ath-Thohiriyyah Gelar FAS dan Donor Darah


Ath-Thohiriyyah Gelar FAS dan Donor Darah– Dalam rangka tutup tahun ajaran (haflah akhirussanah) 1430 H, Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Karangsalam Purwokerto menyelenggarakan Festival Anak Shaleh (FAS) dan donor darah massal. FAS ketiga tahun ini meliputi lomba hadroh, dai cilik (dacil), adzan, meluki, cerdas cermat, dan murottal Al-Qur’an. Kegiatan digelar Minggu (26/7) lalu, diikuti oleh santri TPQ di wilayah Kabupaten Banyumas.

Juara pertama dacil adalah Rifal Aliansyah (TPQ Baitul Muslim), melukis (Rizal Ari dari TPQ Al-Amin I), cerdas cermat (TPQ Bidayatuth Tholabah), dan murottal Al-Qur’an (Ajeng Naila Robiha dari TPQ Ath-Thohiriyyah).
“Panitia memutuskan tak ada juara I lomba hadroh karena batas nilai minimal tak tercapai. Juara II dan III masing-masing TPQ ATh-Thohiriyyah dan Hidayatuth-Thulab,” demikian tutur Ketua Panitia Anwar Aziz.
Kegiatan donor darah, bekerja sama dengan PMI Cabang Purwokerto, diikuti oleh 15 orang santri setempat. “Donor darah akan kami jadikan agenda tahunan. Kali ini adalah tahun kedua” ujar M Sa’dullah selaku Humas Ath-Thohiriyyah.
Puncak acara haflah dijadwalkan hari Ahad (9 Agustus) berupa prosesi khotmil Qur’an dan pengajian umum. Tahun ini pesantren di bawah asuhan KH Mohammad Thoha Al-Hafidz ini akan mewisuda dua orang santri penghafal Al-Qur’an (Fitrotul Mar’atus Saniah dan Inayatun Na’imah), 28 santri khatam Al-quran bin-nadhor (membaca secara fasih dan benar), dan 40 santri khatam juz ‘Amma (juz ke-30).
“Insya Allah, pengajian umum dalam rangka khotmil Qur’an dan sekaligus peringatan haul KH Mohammad Sami’un (perintis Ath-Thohiriyyah) akan disampaikan oleh KH Atho’urrohman dari Leler dan KH Thohawy dari Tegal,” pungkas M Sa’dullah. ***

Incoming search terms:

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *