INFORMASI PENDAFTARAN PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH Tahun Ajaran 2022/2023

Pendaftaran Santri Baru Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah
Pendaftaran Santri Baru Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah

Penerimaan Pendaftaran Santri Baru Tahun Ajaran 2022/2023 di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah, Parakanonje Karangsalam Kidul Kedungbanteng Banyumas, telah resmi dibuka. Masa Pendaftaran santri baru ini dibagi menjadi 2 Gelombang. Gelombang I telah dibuka sejak tanggal 16 Mei 2022 dan akan ditutup pada tanggal 15 Juli 2022, sedangkan Gelombang II akan dimulai pada tanggal 16 Juli 2022 dan berakhir pada 15 September 2022.

Dalam menerima pendaftaran santri baru kali ini, Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah menggunakan sistem kuota, yang berarti Calon Santri Baru yang mendaftar di luar masa pendaftaran hanya diterima ketika masih ada kuota yang tersisa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Alur dan Syarat Pendaftaran

Penerimaan Santri Baru Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah dilakukan secara Offline dengan alur sebagai berikut :

  1. Pendaftar menghubungi Pengurus Pondok atau datang langsung ke Kantor Pondok Putra/Putri untuk menanyakan informasi seputar Peraturan dan Kegiatan Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah.
  2. Sebelum mendaftar, Calon Santri diharuskan Sowan kepada Pengasuh Pondok didampingi Orang Tua/Wali Santri terlebih dahulu.
  3. Pendaftar mengisi Formulir Pendaftran yang telah disediakan di Kantor Pondok dan membayar biaya administrasi pendaftaran.
  4. Pendaftar harus melunasi biaya Daftar Ulang dan Syahriyah Bulan Pertama ketika akan mulai menetap di Pondok (maksimal seminggu setelah mendaftar).
  5. Setelah melaksanakan alur sebagaimana yang tercantum, santri diperkenankan menetap di Pondok dan sah menjadi Santri Aktif Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah.

Adapun informasi selengkapnya mengenai Persyaratan dan lain-lain dapat dibuka di link Brosur Pendaftaran Santri Baru. Di bawah ini juga terlampir Peraturan Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah dan Jadwal Kegiatan Santri.

Mengenal Sejarah Singkat Pondok Pesantren

Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah yang berada di dusun Parakanonje, desa Karangsalam Kidul, kecamatan Kedungbanteng, kabupaten Banyumas ini telah mengalami sejarah panjang. Pada awalnya, cikal bakal pesantren ini merupakan sebuah kelompok pengajian yang didirikan oleh Simbah K.H. Muhammad Sami’un pada tahun 1960-an. Setelah beliau wafat pada tahun 1392 H./1972 M., kelompok pengajian ini dilanjutkan oleh putra menantu beliau, Simbah K.H. Muhyiddin Abdul Mu’id, yang memimpin kegiatan di Masjid Jami’ An-Ni’mah Parakanonje.

Setelah beberapa tahun sejak kepulangan menantu beliau, Abuya K.H. Mohammad Thoha ‘Alawy, A.H. dari Makkah, dengan bantuan dan dukungan para Remaja Islam Parakanonje untuk melestarikan pengajian tersebut yang sempat surut, maka terbentuklah Kelompok Studi dalam naungan Madrasah Diniyyah Al-Mustaqbal yang berkiprah dalam pengajaran Al-Qur’an, Fasholatan, dan Ilmu Bahasa (Arab, Inggris, dan Indonesia). Madrasah ini menjadi sambung tangan kiprah perjuangan Mbah Sami’un dalam mensyiarkan agama Islam di dusun Parakanonje dan merupakan washilah terhadap berdirinya Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah.

Kegiatan ini terus berkembang dan menarik minat masyarakat, hingga mulai terdapat beberapa santri yang mukim/menetap di ndalem Abuya menjadi santri-santri awal di Pondok. Berkat dukungan masyarakat dan pihak-pihak lain untuk melestarikan kegiatan dalam mensyiarkan agama Islam tersebut, maka diresmikanlah Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah di bawah asuhan Abuya K.H. Mohammad Thoha ‘Alawy, A.H. pada tanggal 22 Desember 1992 dengan melaksanakan peletakan batu pertama oleh Simbah Nyai Hj. Shofiyah Umar dari Solo (kakak perempuan dari Mbah Muhyiddin).

Sampai saat ini, Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah terus berkembang dalam mensyiarkan ajaran Islam sesuai paham Ahlus Sunnah wal Jama’ah dengan program Tahfidzul Qur’an dan kajian terhadap Kitab-kitab Turats, di bawah asuhan Abuya dan keluarga, dengan dibantu oleh sebagian Dzurriyyah Mbah Sami’un dan Dewan Asatidz lain.
Demikian informasi mengenai Penerimaan Pendaftaran Santri Baru Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Tahun Ajaran 2022/2023 M. Untuk mengenal lebih lanjut tentang Pondok kami silahkan buka Profil Pondok Pesantren dan ikuti akun media resmi pondok di Facebook, Instagram, dan Youtube.

Lampiran Informasi Pendaftaran

Download Brosur Pendaftaran Santri Baru di sini

Lihat Peraturan Pondok di sini

Lihat Jadwal Kegiatan Pondok di sini 

Lihat Rincian Administrasi di sini

Lihat Kurikulum Madin di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.