Biografi Imam Quran (Nafi’)

posting ini adalah janji kang supris di “Bacaan Gharib/Aneh/Nyleneh dalam AL-Quran” yang lalu, yaitu tentang Biografi Imam Quran (dalam ilmu qiraat sab’ah ada 7, yaitu Nafi’, Ibnu Katsir, Abu Amr, Ibnu Amir, ‘Ashim, Hamzah, dan Ali Al Kisa’i), maaf sebelumnya, kang supris adalah pemula dalam belajar Quran dan bukan maksud hati SOK TAU/SOK ALIM/SOK PINTER, kang supris hanya ingin mengikat ilmu dengan menulisnya dan memberikan informasi tentang Biografi Imam Quran ini, untuk posting pertama tentang imam Quran ini, akan dibahas tentang biografi singkat imam Nafi’.

Nama Lengkap beliau adalah Nafi’ bin Abdurrahman bin Abi Nu’aim Al-Laitsiy, bliau lahir di kota Isfahan pada tahun 70 H. Sejak muda ia telah menekuni Al-Quran dan baru berguru tentang Quran kepada lebih dari 70 guru (wheww..baru????kalo kita dah brapa guru ya? he). Setelah dia dewasa, Imam Nafi’ pergi ke kota MAdinah dan menetap di sana hingga wafat pada tahun 169 H, selama kurang lebih 70 tahun Imam Nafi’ menjadi guru Qiraat di kota Madinah.

Pernah diceritakan bahwa anak Ahmad Bin Hanbal bertanya kepada bapaknya tentang Qiraat mana yang paling disenangi. AHmad bin Hanbal menjawab, ia menyenangi Qiraat Madinah dan jika tidak maka Qiraat Hasyim. diceritakan pula bahwa Imam Nafi’ apabila berbicara, dari mulutnya keluar bau harum seperti kasturi (subhaanalloh). Waktu ditanyakan apakah ia mempergunaan pewangi mulut, dia menjawab “tidak” sama sekali. Dia menerangkan bahwa ia pernah bermimpi bertemu Rasulullah SAW membacakan Quran di mulutnya dan sejak itulah timbul bau wangi tersebut bila ia berbicara…subhaanalloh….

Sanad atau silsilah bacaan Imam Nafi’ adalah sebagai berikut, diantara salah satu gurunya yang banyak itu terdapat Abdurrahmah bin Hurmuz, Abdurrahman dari Abdullah bin Abbas, ABdullah dari Ubay bin Ka’ab, Ubay dari Rasulullah SAW.

adapun dua orang perawi/periwayatnya adalah Qolun dan Warsy

>>Qolun
Qolun
nama lengkapnya adalah Abu Musa Isa bin Mina, tetapi lebih populer dengan laqob (julukan) yang melekat pada dirinya yaitu Qolun

Qolun diambil dari bahasa Rum yang berarti “baik”, karena baiknya bacaan Qurannya. Lahir pada tahun 120 H dan wafat pada tahun 220 H, sebagaimana gurunya ia meneruskan mengajar dan menjadi furu Qiraat yang terkenal di Madinah

Diceritakan, satu hal yang istimewa dalam hidupnya adalah tentang pendengarannya. pada mas tuanya tidak mendengar walaupun genderang dipukul di sampingnya, namun bila orang membaca Quran, ia dapat mendengarnya dengan baik sekali..subhaanalloh….

>>Warsy
Nama lengkap bliau adalah Utsman bin Sa’id Al- Mishry. sebagaimana Qolun, ia lebih popules dengan laqob Warsy. ia lahir di Mesir pada tahun 110H, kemudian pergi ke Madinah khusus untuk belajar dengan Imam Nafi’ dan dapat menyelesaikan beberapa kali khatam di hadapan gurunya tahun 155H, kemudian ia kembali ke MEsir dan mengajar Qiraat di sana hingga wafatnya pada tahun 197 H. Warsy ini terkenal sebagai qori’ yang memiliki suara yang indah dan merdu., menguasai tajwid,d an juga tata bahasa arab yang bagus.

sekian dulu untuk biografi imam nafi’ dan perawinya….insYaaALLOH bersambung lagi….

diambil dari www.suprisdiantoko.com

Incoming search terms:

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *