Madrasah Diniyyah (Madin) Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Sukses Gelar Khataman Kitab

Purwokerto – Khataman kitab menjadi puncak rangkaian Haflah Akhirussanah Madrasah Diniyyah Pondok pesantren Ath-Thohiriyyah dan Haul K.H. Muhammad Sami’un yang ke-50 dan Haul K.H. Muhyiddin yang ke-23 pada hari Sabtu, 19 Maret 2022.

Acara yang berlangsung di halaman belakang pondok putra ini berjalan dengan lancar dan penuh antusias. Hadir dalam acara tersebut segenap dewan asatidz Madrasah Diniyyah Ath-Thohiriyyah, keluarga ndalem, demisioner lurah, warga sekitar pesantren, dan seluruh santri.

Kepala Madrasah Diniyyah (Madin), Gus Ahmad Rofi, Lc mengungkapkan, acara khataman kitab kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya yang biasanya dibarengi dengan khataman Al-Qur’an kali ini berlangsung secara intern dan virtual sehingga tidak banyak tamu yang diundang. Gus Ofi berharap pengajaran Al-Qur’an maupun kitab di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah dapat berjalan dengan lebih maksimal.

“Harapan saya, santri Madin Ath-Thohiriyyah, baik yang tahfidz maupun tidak, bisa lebih konsisten mengikuti pelajaran di kelas masing-masing, dan memenuhi target sesuai program di Madin”, papar Gus Ofi.

Khataman kitab diikuti oleh  santri Madin mulai dari kelas Ibtida sampai dengan kelas 4. Penampilan kitab meliputi nadhom-nadhom; ‘Aqidatul Awwam, Qowa’idul I’lal, Amtsilatut Tashrif, Al-Ajurumiyyah, Al-‘Imrithi, dan Alfiyyah Ibnu Malik.

Selain itu dalam acara tersebut juga berlangsung penyerahan syahadah untuk 15 santri kelas 4 yang diwisuda, pengumuman juara kelas dan juara penampilan khataman kitab. Sementara itu, ketua panitia Haflah Akhirussanah Ustadz Ahmad Khusnan Fadilah, S. Pd menyampaikan, bahwa peserta yang mengikuti khataman kitab kurang lebih ada 300 santri Madin.

Salah satu ustadz Madin yang masih menetap di pondok tersebut mengatakan, di balik suksesnya acara tadi malam tentu ada beberapa kendala yang dihadapi.

“Terkait kendala dalam persiapan pasti ada, seperti kurangnya komunikasi antar panitia, kurangnya alat dan perlengkapan serta lainnya. Alhamdulillah semuanya dapat diperbaiki dan diatasi bersama”, ucapnya.

Meski acara tadi malam disambut dengan derasnya hujan namun acara tetap berjalan dengan khidmat dan meriah sampai selesainya pengajian yang disampaikan oleh Ustadz Agus Sunaryo, M.S.I salah satu pengajar di Madrasah Diniyyah Ath-Thohiriyyah.

 

Penulis : Rifqoh Rofiqotul Munawwaroh

Editor : Khodijatul Ifroh

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.