PP. Ath-Thohiriyyah Menyelenggarakan Haflah Akhirusannah, Haul, dan Khotmil Qur’an

Setiap tahun, pondok pesantren Ath-Thohiriyyah rutin menyelenggarakan Haflah Akhirusannah dan Khotmil Qur’an, sekaligus memperingati haul KH. Muhammad Sami’un. Pada tahun 2018,acara Haflah Akhirusannah dan Khotmil Qur’an diselenggarakan pada hari Ahad, 6 Mei 2018.

 

 

Haflah Akhirussannah dan Khotmil Qur’an adalah acara puncak daari rangkaian kegiatan pra haflah sekaligus menandai akhir tahun ajar di Madin Ath-Thohiriyyah. Acara-acar Pra haflah yang sebelumnya telah diselenggarakan di pondok pesantren Ath-Thohiriyyah diantaranya ada lomba intern santri putra dan putri, MHQ, MKQ, Muhadadzoh, LCC, Kreasi Santri, serta Etho Award. Untuk acara pra haflah yang melibatkan peserta dari luar yaitu Festival Anak Sholeh, atau merupakan kegiatan perlombaan antar TPQ se-Banyumas yang diselenggarakan pada hari minggu, 29 April 2018, serta Festival Hadroh se-eks-Keresidenan Banyumas pada hari selasa, 1 Mei 2018.

Pada malam menjelang haflah akhirussanah dan khotmil Qur’an, Madrasa Diniyyah Ath-Thohiriyyah juga menyelenggarakan acara Laelatul Muwadda’ah yang diisi dengan penampilan khotmil kutub serta penghargaan kepada santri berprestasi.

Pada Khotmil Qur’an tahun 2018, perserta khataman berjumlah 138 yang terdiri dari tiga kategori, yaitu bil ghoib 30 Juz, bin-nadzor, serta bil ghoib juz 30. Peserta bil ghoib juz 30 adalah 4 santri putra, dan 14 santri putri. Peserta bin nadzor adalah 11 santri putra, dan 19 santri putri. Sedangkan peserta bil ghoib juz 30 ada 16 santri putra, 63 santri putri, dan 11 santri TPQ sore.

Menurut Khoerul Anwar selaku ketua panitia, khotmil Qur’an tahun ini lebih meriah karena peserta bil ghoib 30 juz jauh lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Masyarakat yang menghadiri Khotmil Qur’an tahun ini juga jauh lebih banyak. Halaman ndalem Abuya yang tahun sebelumnya kosong, pada tahun ini penuh terisi kursi pengunjung.

Acara Khotmill Qur’an diawali dengan pra acara yang diisi dengan penampilan hadroh dari grup syauqul muhib pondok pesantren Ath-Thohiriyyah. Selnjutnya, tepat jam 08.00 prosesi Khotmil Qur’an dimulai dan sekaligus penyerahan syahadah yang berlangsung sampai dua jam. Setelah prosesi khotmil Qur’an selesai, acara dibuka oleh pembawa acara, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sholawat oleh Ustadz Azhar. Setelah pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan shalawat, acara selanjutnya adalah sambutan dari ketua panitia, dalam hal ini adalah Khoirul Anwar, sambutan dari wali santri, dalam hal ini bapak hasanudin, M,Si., serta saambutan pengasuh, dalam hal ini Abuya KH. Muhammad Thoha Alawy Al-Hafidz.

Setelah sambutan Abuya, acara diisi oleh penampilan khataman kitab Alfiyah dari kelas 3 dan 4 Madin Ath-Thohiriyyah. Terakhir adalah acara inti, yaitu mauidhoh hasanah dari KH. Imam Masyhadi, Lc.,Al-Hafidz dari Nganjuk Jawa Tiimur sekaligus do’a. Acara selesai kurang lebih pukul 12.30 WIB. (SA)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *