Praksis Pembelajaran Pesantren

Buku tentang pesantren sudah banyak ditulis dan kajian tentangnya sudah banyak dilakukan, tetapi dengan berjalannya waktu keperluannya tidak semakin surut melainkan meningkat, malah dalam beberapa hal terasa semakin strategis, karena lembaga pendidikan ini kaya akan potensi intregrasi social.

Jangkauanya yang luas, kedekatannya dengan komunitas, dan kemampuannya membangun pembelajaran lintas generasi sangat sibutuhkan oleh masyarakat Indonesia ysng sedang dalam masa transisi. Disitu pesantrennya menemukan fokusnya pada upaya melahirkan lulusan tidak hanya mengandalkan pengakuan, melainkan yang dapat bertumpu pada kejituan bertindak dalam perilaku yang berwatak.

Untuk itulah manual ini mengangkat perihal pembelajaran pesntren. Yang dilihat adalah tindakan kalangan pesantren yang dimakanai oleh kalangan pesantren sendiri sebagai langkah untuk menegukan karirnya sebagai lembaga pendidikan.

Sudut pandang ini menjadi penting, salah satunya, karena “ilmu” tentang pesantren perlu diperkaya dari waktu ke waktu ditengah kenyataan berdirinya pesantren-pesantren baru dan perkembangan multikompleksitas di Indonesia.

Judul Buku : Praksis Pembelajran Pesantren
Penulis : M Dian Nafi, Abd A’la, Hindun Anisah, Abdul Aziz, Abdul Muhaimin
Penerbit : Insite for Training and Devolepment (ITD), Forum Pesantren, dan Yayasan Selasih
Cetakan : April 2007

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *