Profil Syaikh Abdurrahman As-Sa’di (Pengarang Tafsir As-Sa’di)

Biografi- Syaikh Abdurrahman As-Sa’di adalah seorang cendekiawan yang sangat kuat dalam menjaga ketakwaan dan juga seorang yang zuhud (lebih mementingkan akhirat dari pada dunia). Beliau termasuk kenang-kenangan (warisan) para salafus shalih (para pendahulu kita yang shalih). Dialah Syaikh Abdurrahman Nashir bin Abdullah Alu Sa’di At-Tamimi Al-Hambali.

Dilahirkan di Unaizah wilayah Al-Qashim pada tahun 1307 H. Ibunya wafat ketika beliau berumur 4 tahun disusul kemudian ayahnya wafat pada tahun 1314 H. ketika beliau berusia sekitar 8 tahun. Ibu tirinya merasa iba dan bahkan lebih besar rasa sayangnya terhadap beliau dibandingkan terhadap anak-anaknya sendiri. Begitu pula saudaranya Hamdi. As-Sa’di kecil tumbuh dengan baik dan memulai belajar di Madrasah Tahfidzul Qur’an (madrasah khsusus penghafal Al-Qur’an). Beliau hafal Al-Qur’an dalam usia 11 tahun dan mengokohkan hafalannya ketika berusia 14 tahun.

Guru-guru Beliau
Setelah menghafal Al-Qur’an, As-Sa’di menyibukkan diri dengan ilmu-ilmu yang lain. Mulailah beliau sibuk membaca buku-buku pelajaran tentang hadits di bawah bimbingan Syaikh Ibrahim bin Hamdi bin Jasir, ilmu fikih dan nahwu (tata ilmu bahasa Arab) dengan Syaikh Muhammad bin Abdil Karim Asy-Sya’bi, ilmu-ilmu tauhid, tafsir fikih, ushul dan nahwu dihadapan Syaikh Shalih bin Usman yang juga qadhi (hakim) Unaizah waktu itu. Beliau lebih sering belajar dan menyertai gurunya ini sampai wafat.

Syaikh Sa’di juga belajar dihadapan Syaikh Abdullah bin ‘Aidh, Syaikh Sha’bin bin Abdillah At-Tuwaijiri, Syaikh Ali As-Sinani dan Syaikh Ali bin Nashir Abu Wadi. Beliau bacakan dihadapan gurunya ini ilmu hadits dan Kutubus Sittah (Kitab-kitab hadits yang terdiri dari Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan At-Tirmidzi, Sunan Abu Dawud, An-Nasa’i dan Ibnu Majah sampai mendapatkan ijazah). Beliau belajar pula dihadapan Syaikh Muhammad Asy-Syinqithi yang dahulu tinggal di Hijaz lalu di wilayah Az-Zubair. Syaikh Sa’di membacakan kepadanya ilmu tafsir dan hadits serta musthalah (istilah-istilah dalam ilmu hadits) ketika Asy-Syinqithi menetap di Unaizah.

Tugas Mengajar
Pada umur 23 tahun beliau mengajar sambil tetap belajar. Beliau menghabiskan waktunya untuk meneliti dengan seksama karya-karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan muridnya Ibnul Qayim sehingga beliau dapat mengambil pelajaran yang demikian berharga dari ilmu keduanya. Pada tahun 1350 H, beliau mulai dikenal sebagai orang yang memiliki pengetahuan yang luas di negeri Qashim. Kedudukan beliau pun mulai diakui, bahkan penduduk Qashim dari berbagai pelosok datang menimba ilmu dan pengetahuan tentang agama kepada beliau.

Murid-muridnya
Banyak orang yang berdatangan kepada beliau untuk berguru. Diantaranya adalah: 1). Syaikh Sulaiman bin Ibrahim Al-Bassam mengajar di Ma’had Al-Ilmi dan ditunjuk menjadi qadhi namun ia menolak. 2). Syaikh Muhammad bin Abdul Aziz Al-Muthawwi’ yang menjadi qadhi di Al-Mujamma’ah kemudian di Unaizah. 3). Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Bassam, anggota Haihatut Tamyiz di wilayah barat dan anggota Dewan Ulama Senior. 4). Syaikh Muhammad Al-Manshur Al-Zamil, pengajar di Ma’had Ilmu Unaizah. 5). Syaikh Ali bin Muhammad Al-Zamil, pengajar di Ma’had di Unaizah dan dia penduduk Najd yang paling jauh di masa itu. 6). Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, guru besar di Universitas Islam Imam Muhammad bin Su’ud di Qashim dan khalifah (pengganti) gurunya (Syaikh Sa’di) sebagai Imam di Universitas di Unaizah, sekaligus anggota dewan ulama senior. 7). Syaikh Abdullah bin Abdul Aziz bin Aqil, Anggota Dewan Fatwa dan Ketua Lembaga Ilmiah setelah wafatnya yang mulia ketua dewan hakim. 8). Syaikh Abdullah Al-Muhammad Al-‘Auhali, pengajar di Ma’had Ilmi Makkah. 9). Syaikh Abdullah bin Hasan Alu Buraikan pengajar di Ma’had Ilmi Unaizah. Dan masih banyak lagi murid-murid beliau yang tidak dapat dipaparkan lagi jumlahnya.

Karya-karya Beliau
Tak terhitung karya-karya ilmiah beliau. Yang dapat kami sebutkan di sini antara lain: 1). Tafsir Al-Qur’an Al Karim yang diberi judul Taisir Karimirrahman fi Tafsir Kalamil Mannan. 2). Hasyiyah Alal Fiqhi, sebagai tanggapan terhadap kumpulan kitab yang disusun dalam Madzhab Hambali. 3). Irsyad Ulil Bashair wal Albab Lima’rifatil Fiqhi. 4). Tanzihuddin wa Hamaltihi wa Rijaalihi Mimma Iftaraahu Al-Qashimi fi Aghlabihi. 5). Al-Durrathul Mukhtassarah fi Mahasinil Islam. 6). Al-Khutabul ‘Ashriyah. 7). Al-Qawaidul Hissan fi Tafsil Qur’an. 8). Al-Haqqul Waadhihul Mubin fi Syarh Taudihil Anbiya’ wal Mursalin yang merupakan penjelasan kitab An-Nuniyah karya Ibnu Qayim. 9). Taudhihul Kafiyah Asy-Syafiyah. 10). Wujubut Ta’awun bainal Muslimin wa Maudhu’il Jihad Ad-Din. 11). Al-Qaulus Sadid fi Maqashidit Tauhid. 12). Manhajus Salikin Mukhtashar fi Ushulil Fiqhi. 13). Taisir Al-Lathif Mannan fi Khulashah Tafsirul Qur’an. 14). Ar-Riyadhun Nadhirah. 15). Bahjatu Qulubil Abrar. 16). Al-Irsyad ila Ma’rifatil Ahkam 17). Al-Fawakih Asy-Syahiyah fil Khutabil Minbariyah. 18). Manhajus Salikin wa Taudhihul Fiqhi fi Al-Din. 19). Thariqul Wushul ila Ilmil Ma’mul. 20). Ad-Dinus Shahih Yuhillu Jami’al Masyakil. 21). Al-Furuq wat Taqsim Al-Badi’ah An-Nafiah. 22). Al-Adillah Al-Qawathi’ wal Barahin fi Ibthal Ushul Al-Mulhidin. 23). Fawait Al-Mustanbithah. 24). Al-Wasail Al-Mufidah. 25). Syuruh Syaikhil Islam Ibni Taimiyah Allati Radda Biha Al-Qadariyah. 26). Al-Fatawa As-Sa’diyah. 27). At-Taudhih wal Bayan Lisyajaratil Iman. 28). Fathur Rabbil Hamid fi Ushulil ‘Aqaid wa Tauhid. 29). Ad-Dalailul Qur’aniyah. 30). At-Tanbihatul Lathifah. 31). Sual wa Jawab bi Ahammil Muhimmat.

Wafat Beliau
Pada tahun 1371 beliau mendapat tekanan darah tinggi dan penyempitan pembuluh darah. Rasa berat muncul sementara waktu di sela-sela pembicaraannya meskipun hanya membaca Al-Qur’an. Kemudian beliau berbicara seperti biasa. Tahun 1372 H. beliau berangkat ke Libanon dengan biaya pemerintah Saudi dan menetap disana selama sebulan untuk berobat. Allah memberi kesembuhan dan beliau kembali ke Unaizah melanjutkan tugas-tugas yang biasa dikerjakannya sebelum sakit, seperti mengajar, memberi fatwa, menulis, menyampaikan khutbah jum’at dan menjadi Imam. Namun tak lama datang lagi penyakit tersebut. Pada tahun 1376 H. bulan Jumadil Akhir beliau merasa kedinginan sampai tubuhnya menggigil. Pada malam Rabu 22 Jumadil Akhir 1376 H. selesai memberikan pelajaran seperti biasa yang hampir menyerupai muhadlarah (ceramah umum), beliau merasa tubuhnya berat dan gerakannya semakin lemah. Selesai shalat beliau memberi isyarat kepada salah seorang muridnya untuk memapahnya ke rumah. Orangpun berduyun-duyun mengiringinya.

Namun sebelum tiba di rumahnya, Syaikh Sa’di sempat tak sadarkan diri. Setelah siuman beliau memuji Allah dan berbicara dengan orang-orang di sekitarnya dengan ucapan yang menyenangkan. Setelah itu Syaikh Sa’di tidak sadarkan diri dan tidak berbicara lagi. Pada hari Rabu pagi, beberapa dokter diundang untuk memeriksa keadaan beliau. Mereka menegaskan adanya pendarahan otak yang kalau tidak segera ditangani akan lebih parah. Akhirnya segera diupayakan untuk memanggil dokter-dokter ahli di Unaizah. Akan tetapi cuaca yang demikian buruk tidak memungkinkan para dokter tersebut untuk mendarat di lapangan terbang Unaizah. Syaikh Sa’di wafat pada hari Kamis pagi tanggal 23 Jumadil Akhir 1376 H.

Wafat beliau menjadi musibah besar bagi manusia. Berderailah air mata dan hatipun menjadi pilu. Jenazah Syaikh Sa’di dishalatkan setelah shalat dzuhur oleh masyarakat yang memenuhi masjid. Setelah itu beliau di makamkan di Pemakaman Asy-Syahwaniah di Unaizah. Ungkapan belasungkawa dan takziyah berdatangan dari berbagai pelosok. Syaikh Sa’di meninggalkan tiga orang putra: Abdullah, Muhammad, dan Ahmad. Semoga Allah mengampuni dan merahmati Syaikh Abdurrahman As-Sa’di. Amin.
(Ditulis ulang oleh M. Sa’dullah, Staf Pengajar di Ma’had Ath-Thohiriyyah Purwokerto)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *