Santri Ath-Thohiriyyah Juara 1 MHQ 30 Juz Tingkat Kabupaten Banyumas

Pada lomba STQ yang ke XXV tingkat kabupaten Banyumas yang jatuh pada hari selasa, 6 November 2018, santri Ath-Thohiriyyah berhasil menorehkan prestasi yang sangat membanggakan. Adalah Atiq Rifqi Mu’akhiroh yang berhasil menyabet juara 1 MHQ kategori 30 juz.

Bertempat di pendopo  alun-alun Purwokerto, peserta lomba berasal dari berbagai kecamatan yang ada di kabupaten Banyumas. Atiq sendiri mewakili kecamatan Kedungbanteng, karena pondok pesantren Ath-Thohiriyyah berada di kecamatan Kedungbanteng. Setelah berhasil menyabet juara 1 MHQ kategori 30 juz, menurut kabar Atiq akan maju lagi di tingkat Provinsi Jawa Tengah, mewakili Banyumas. Namun sampai berita ini dilansir, belum ada kepastian kapan MHQ tingkat Jawa Tengah dilaksanakan.

Gadis yang beralamat di desa Sumingkir, RT 03/05, Jeruklegi, Cilacap ini mengaku puas bisa mendapatkan juara 1 MHQ tingkat kabupaten. Pasalnya, persiapannya begitu minim. Atiq dikabari untuk ikut lomba hanya 3 hari menjelang pelaksanaan. Namun dengan persiapan yang tidak maksimal, akhirnya Atiq ternyata bisa mendapat juara 1 MHQ.

Juri pada lomba MHQ tersebut adalah Bapak Singgih M, Ibu Noor Aini, dan Gus Sa’dullah. Atiq berhasil membukukan nilai 79, mengungguli peraih juara 2 (nilai 75), dan juara 3 (67).

Lomba MHQ memang bukan sesuatu yang baru bagi gadis yang lahir tanggal 12 Februari 1996 ini. Sebelumnya, Atiq sudah beberapa kali mengikuti lomba MHQ. Pada tahun 2016, Atiq pernah ikut MHQ kategori 10 juz tingkat kabupaten Banyumas dan berhasil menyabet juara 2.

Apa yang diraih oleh Atiq semakin mentahbiskan bahwa Ath-Thohiriyyah memang pondok pesantren tahfidzul Qur’an yang cukup sukses dalam melahirkan hafidz dan hafidzoh. Alumni yang sudah hafal Al-Qur’an tersebsar di seluruh penjuru nusantara. (SA)

 

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *