Semarak Haflah Akhirussanah, Khotmil Qur’an dan Haul Masayikh yang ke-48 PP.Ath-Thohiriyyah 2020 Diselenggarakan Secara Virtual

 

Pandemi bukan menjadi alasan untuk tidak semangat dalam melantunkan ayat suci Al-Qur’an. Diadakannya haflah, khotmil Qur’an dan haul merupakan salah satu wujud rasa syukur dan terima kasih kita sebagai santri kepada masyayikh atas berkah beliau, sehingga kita dapat menyelesaikan kewajiban sebagai santri yaitu menuntut ilmu. Acara haflah akhirusannah, khotmil Qur’an sekaligus memperingati haul K.H.Muhammad Sami’un dan K.H. Muhyiddin merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah

Diselenggarakan pada hari Minggu, 08 November 2020, bertepatan dengan tanggal 22 Rabbiul Awwal 1442 H, rangkaian demi rangkaian acara berjalan dengan lancar diiringi dengan semangat para peserta khataman, seluruh santri, dan partisipasi warga setempat.

Haflah kali ini bisa dibilang haflah dengan jumlah peserta khotimin dan khotimat terbanyak dibanding dengan tahun sebelumnya. Jumlah peserta khataman dengan total 130 santri yang terdiri dari : bil ghoib 30 juz 1 putra dan 15 putri, bin nadzri 30 juz 9 putra dan 26 putri, bil ghoib juz 30 16 putra dan 53 putri, serta santri TPQ 10 anak.

Adanya pandemi covid-19, membuat acara khotmil Qur’an tahun ini berbeda dari tahun biasanya. Sebelumnya pelaksanaan dilaksanakan ditempat terbuka dan dihadiri oleh khalayak umum, baik masyarakat luar, wali santri peserta khataman, wali santri non khataman, maupun alumni, akan tetapi untuk tahun ini hanya dilaksanakan di Masjid Jami’ An-Ni’mah PP.Ath-Thohiriyyah dan hanya mengundang wali santri dari peserta khataman 30 juz serta santri TPQ. Untuk alumni dan masyarakat umum tetap dapat menyaksikan rangkaian prosesi khataman melalui streaming youtube channel pondok ath-thohiriyyah. Tak lupa protokol kesehatan tetap diterapkan dengan penggunaan masker bagi santri dan wali santri undangan serta penggunaan handsanitizer.

Acara khotmil Qur’an diawali dengan penampilan hadroh dari grup Syauqul Muhib PP.Ath-Thohiriyyah. Prosesi khotmil Qur’an dimulai pukul 07.00 dengan terlebih dahulu peserta khataman bil ghoib 30 juz putra membaca surat Al-Muzammil, peserta bil ghoib 30 juz putri membaca surat Al-Qolam, peserta bin nadzor membaca surat Al-Qiyamah, dan peserta bil ghoib juz 30 membaca surat At-Takasur sampai An-Nas.

Setelah prosesi khataman selesai, dilanjutkan pada rangkaian inti acara yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Kurniawan Catur, sambutan ketua panitia oleh saudara Safingi Nur Hidayat, dan dilanjutkan prosesi penyerahan syahadah yang diberikan langsung oleh beliau Ibu Nyai Tadzdiqoh Al-Hafidzah dan Ahmad Musyaffa,Lc, Al-Hafidz.

Setelah itu, dilanjutkannya penyerahan syahadah Madrasah Diniyyah PP.Ath-Thohiriyyah yang diberikan kepada 18 peserta terdiri dari 11 santri putri dan 7 santri putra, yang telah menyelesaikan pembelajaran madin dan telah diujikan dalam ujian munaqosyah sebelumnya serta telah menyelesaikan hafalan alfiyahnya. Pemberian syahadah diberikan langsung oleh beliau bapak Imam Mujahid. Derai air mata bahagia dan suka cita dirasakan oleh para peserta khataman dan para hadirin yang menyaksikan acara yang penuh rahmat itu.

Setelah prosesi penyerahan syahadah selesai, dilanjutkan dengan sambutan dan mauidhoh hasanah dari pengasuh pondok pesantren Ath-Thohiriyyah, Abuya Muhammad Thoha Alawy Al-Hafidz. Salah satu pesan beliau yaitu ‘’tetaplah berusaha menjaga hafalan Al-Qur’an kalian, jika kalian sudah berusaha menjaga dengan istiqomah deres maka ketika kalian lupa akan salah satu ayat maka tidaklah berdosa, akan tetapi jika kalian tak ada usaha untuk menjaganya maka berdosalah kalian. Tetap rajin istiqomah deres’’ Acara berlangsung dengan lancar dan berakhir pada pukul 11.40 WIB.

‘’Pengalaman di haflah ini sangat berkesan dan sangat banyak sekali pengalaman yang didapatkan. Hadapi segala yang ada dan jangan takut dengan kata ‘’apa bisa’’ karena jika semua telah dilewati pasti akan terealisasi kata ‘’semua bisa’’. Pesan untuk kepanitiaan haflah 2021 tetap kompak, berpikir cerdas, dan bekerja ikhlas’’ ujar Aprilia Dwi Lesatari selaku Ketua Haflah Putri 2020.

Penulis :(PemburuLomba_Nazeefa)
Editor : Nunukha

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.